You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan Tawangsari

Kap. Pengasih, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

Sinergi PT. Pegadaian (Persero) dengan Pemerintah Desa Tawangsari


PT. Pegadaian (Persero) yang merupakan salah satu anak usaha dari Badan Usaha Milik Nasional (BUMN) menjalin kerja sama dengan Pemerintah Desa Tawangsari di sektor Pertanian beserta Teknologi Pertaniannya atau biasa disebut Agro Teknologi. 

 

Bentuk Kerja Sama PT. Pegadaian dengan Pemerintah Desa Tawangsari di dalam pertanian padi dimana Kepala Desa Tawangsari R. Sigit Susetya, SE memiliki gagasan atau cita-cita bahwa petani yang ada di Desa Tawangsari tidak diperdaya oleh tengkulak Padi dan Gabah. Warga Desa Tawangsari diupayakan mampu swasembada beras untuk Desanya. Selain itu diharapkan Desa Tawangsari memiliki produksi gabah dan beras berlabel kearifan lokal desa Tawangsari. 

Mendengar usulan tersebut Direktu Utama PT. Pegadaian (Persero) segera merespon usulan dari Kepala Desa Tawangsari. Pertama kali PT. Pegadaian menggelontorkan dana untuk bantuan pembangunan Mesin Pengering Padi. Dengan adanya mesin tersebut warga petani tidak perlu kawatir dengan cuaca untuk mengeringkan gabahnya. 

Dilihat dari peluangnya ternyata mesin pengering padi masih membutuhkan mesin tindak lanjutnya, yaitu mesin penggiling sekaligus pengemas beras. Kepala Desa bercita-cita pagi dari Bulak Sawah Desa Tawangsari masuk ke Mesin Pengering Padi kemudian digiling dan langsung dikemas menjadi beras.

PT. Pegadaian juga mengabulkan permohonan Kepala Desa Tawangsari. Bahkan  Teknolongi mesin Giling ini juga dapat memisahkan beras yang pecah dengan yang utuh sehingga kualitas beras dapat dipisahkan. 

Nantinya pengelolaan mesin ini akan diserahkan ke BUM Desa Binangun Tawangsari dan Kelompok Tani Manunggal Roso sehingga manajemen pengelolaannya dapat diatur dengan baik. Dan tentunya akan meningkatkan Pendapatan Asli Desa Tawangsari. 

Bagikan artikel ini: