You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan Tawangsari

Kap. Pengasih, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

Sigap!!! Tim Pemakaman Jenazah Covid-19


Sigap!!! Tim Pemakaman Jenazah Covid-19

Tawangsari - Kasus masyarakat terpapar Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) belum menunjukkan penurunan. Khususnya di Kalurahan Tawangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Sejak berita ini dirilis, warga Kalurahan Tawangsari per 27 Januari 2021 ada 4 warga terpapar tanpa gejala (OTG), 2 warga dirawat di Rumah Sakit.

Selasa, 26 Januari 2021 salah satu warga yang dirawat di Rumah Sakit dinyatakan meninggal dunia setelah mendapatkan konfirmasi dari pihak Rumah Sakit. Sebelumnya pasien mengalami gejala batuk, demam dan sesak nafas dan dirawat di RSAU Harjo Lukito Yogyakarta selama lebih kurang 7 hari. Karena memiliki penyakit bawaan sehingga pasien tidak tertolong dan menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa Malam Pukul 20.30 WIB. 

Mendengar kabar tersebut Tim Relawan Pemakaman Jenazah Covid-19 Kalurahan Tawangsari segera berkoordinasi dengan Puskesmas II Pengasih, BPBD, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas untuk prosesi pemakaman jenazah terpapar covid-19. 

Setelah didapat kesepakatan dan konfirmasi dari Pihak Rumah Sakit, Pemakaman dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Januari 2021 pukul 10.00 WIB. Tim Pemakaman mengenakan Pakaian APD lengkap dan seterilisasi area secara berkelanjutan serta menerapkan protokol kesehatan sesuai Standar Operasional Prosedur. 

Tim Relawan Pemakaman yang bertugas :

1. Suradiman Gandung Saputro (Janturan)

2. Adi Nur Astono (Jombokan)

3. Greis Hananto (Siluwok Lor)

4. Sumarno (Garang)

5. Budi Waluyo (Soropadan)

6. Ari Siswanto (Soropadan)

7. Sukirna (Garang)

8. Gaib (Menggungan)

Tim Relawan yang dibantu warga sekitar melakukan kegiatan pemakaman jenazah dengan lancar tanpa kendala. Sebelumnya tim yang ditunjuk telah mendapatkan pelatihan dari BPBD Kabupaten Kulon Progo terkait dengan pemakaman jenazah warga yang terpapar Covid-19. 

Untuk warga Kalurahan Tawangsari mari tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Karena Virus Covid-19 ini benar-benar nyata. Jangan panik berlebihan dan tetap Menjaga Jarak, Memakai Masker dan Mencuci Tangan.

 

Bagikan artikel ini: