You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan Tawangsari

Kap. Pengasih, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

Beras Melati Menoreh Kulon Progo segera diproduksi Desa Tawangsari


Beras dari Kulon Progo yang dikenal dengan Beras Melati Menoreh atau biasa disebut MENOR menjadi salah satu ikon yang digagas Bupati Kulon Progo, Dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K). Beras ini dikenal memiliki karakter yang pulen, dan enak. Bahkan bisa dibilang menjadi salah satu beras unggulan di Kulon Progo. 

Desa Tawangsari melalui Kepala Desa, R. Sigit Susetya, SE tidak ingin ketinggalan untuk mengembangkan jenis beras ini. Kepala Desa bahkan menghimbau warga desa untuk selalu menanam Beras Melati Menoreh (Menor) ini.  

Tidak hanya itu, Kepala Desa Tawangsari juga membangun sarana produksi beras di Desa Tawangsari yang bekerja sama dengan PT. Pegadaian (Persero) dengan Kelompok Tani Manunggal Roso. Sinergi PT. Pegadaian (Persero) dengan Pemerintah Desa Tawangsari menghasilkan 2 buah bangunan besar, yaitu Dryer pengering Padi dan Mesin penggiling padi sekaligus pengemas beras. Nantinya bangunan tersebut  akan dikelola sepenuhnya oleh BUMDes Tawangsari yang diberikan penyertaan modal bersumber dari Dana Desa.

Kepala Desa Tawangsari memiliki gagasan bahwa beras melati menoreh hasil produksi Tawangsari harus mempunyai kemasan yang bagus dan layak jual. Sehingga ketika padi sudah digiling menjadi beras tidak hanya diambil oleh tengkulak dengan harga sangat tinggi. Untuk konsumen dari warga desa pun,  akan diberikan harga yang lebih terjangkau. Selain itu Kepala Desa juga ingin ikut andil dalam mensuplay kebutuhan beras untuk Warga PKH (Program Keluarga Harapan) dan pasokan Beras Wajib untuk PNS. 

Banyak target pasar yang ingin dicapai selain beberapa sasaran di atas, yaitu beras untuk Bandara Yogyakarta International Airport yang saat ini sudah beroperasional, Hotel-hotel di DIY, bahkan Toko Besar dan Swalayan yang ada di Yogyakarta. 

Bagikan artikel ini: