Kalurahan Tawangsari

Kap. Pengasih
Kab. Kulon Progo - Di Yogyakarta

Info
Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Tawangsari ( ꦥꦼꦩꦼꦫꦶꦤ꧀ꦠꦃꦏꦭꦸꦫꦃꦲꦤ꧀ ꦠꦮꦁꦱꦫꦶ), Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Artikel

Ini Dia 5 Destinasi Wisata Alam di Kulon Progo yang Perlu Anda Kunjungi

Administrator

23 Agustus 2019

273 Kali dibuka

Di Kulon Progo saat ini sedang gencar pengembangan Wisata Alam khususnya di Perbukitan Menoreh dan Kawasan Pantai. Hal ini terkait dengan sudah beroperasinya Bandara Yogyakarta International Airport di Temon Kulon Progo. Baik pemerintah maupun swasta giat membangun sarana prasarana serta kemudahan dalam mengaskses lokasi Wisata Alam di Kulon Progo. 

Berikut ini 5 Destinasi Wisata yang sudah sangat terkenal maupun yang masih perlu pengembangan di Kabupaten Kulon Progo : 

1. GUNUNG JARAN

Gunung Jaran

Gunung Jaran ini merupakan salah satu wisata alam yang berada di desa wisata Nglinggo, Samigaluh. Dari atas puncak gunung jaran yang berada sekitar 900 meter diatas permukaan laut, wisatawan dapat melihat eksotisnya perpaduan hamparan kebun teh Nglinggo yang tersusun indah, hutan pinus dan juga puncak gunung Kukusan. Udaranya yang terasa sejuk membuat kita semakin nyaman berada disana. Disana terdapat gardu pandang beserta teleskop yang bisa wisatawan gunakan untuk melihat pemandangan jarak jauh. Bahkan, dengan teleskop ini wisatawan dapat melihat candi Borobudur bila cuaca mendukung.

 

Mount Jaran is one of the natural attractions in tourism village of Nglinggo, Samigaluh. From the top of Mount Jaran, which is about 900 meters above sea level, tourists can see the exotic blend of stretches of Nglinggo tea gardens that are so beautiful, pine forests and also the peak of Mount Kukusan. The air that feels cool makes us more comfortable being there. There is a viewing post along with a telescope that tourists can use to see long-distance views. In fact, with this telescope, tourists can see Borobudur temple when the weather supports.

 

Alamat : Dusun Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo.

2. WISATA ALAM KALIBIRU

Tepat terletak di Hargowilis, Kokap, kabupaten Kulon Progo dengan jarak kurang lebih 40 km dari pusat kota, Kalibiru merupakan harmonisasi antara hijaunya hutan dengan hamparan berbukit yang sangat luas dengan pemandangan yang indah. Awal mula terbentuknya tempat ini adalah sebuah hutan negara yang diolah menjadi tempat wisata.

Sebagai tempat wisata yang berada pada dataran tinggi, Kalibiru mengandalkan pemandangan alam sebagai daya tarik utama bagi wisatawan. Disamping itu, Kalibiru juga memfasilitasi wisatawan untuk melihat pemandangan dengan menara pandang dan gardu pandang yang berbentuk rumah pohon.

Fasilitas lain yang ditawarkan oleh Kalibiru yaitu outbond, diantaranya flying foxtrekking dan beberapa permainan lainnya. Ada juga fasilitas pendukung yang tersedia di tempat ini seperti homestay yang berjumlah 6 dengan kapasitas 10 - 15 orang, penjual makanan mulai dari yang ringan sampai yang berat. Juga warung yang serupa dengan kafe, aula joglo untuk pertemuan , toilet , mushola dan free wifi area.

3. HUTAN MAGROVE

Hutan Magrove

Berawal dari tujuan untuk mencegah terjadinya abrasi, pembuatan kawasan konservasi tanaman bakau oleh Kelompok masyarakat ini, kini telah menjadi tempat wisata yang amat diminati oleh wisatawan. Tempat wisata yang menyuguhkan wisata alternatif dan edukatif ini, merupakan kawasan konservasi tanaman bakau pertama yang ada di Yogyakarta.  Berlokasi tidak jauh dari Pantai Congot, tepatnya di Dusun Pasir Mendit Desa Jangkaran Kecamatan Temon Kulon Progo, tempat wisata ini sangatlah mudah untuk diakses.

Dengan luas sekitar 3 hektar lebih, kita dapat menikmati hamparan hutan bakau di pesisir pantai dan sungai Bogowonto. Wisata Mangrove di Kulon Progo ini dibagi menjadi tiga kawasan wisata, yaitu wisata Mangrove Pasir Mendhit (paling barat), lalu wisata Mangrove Jembatan Api Api (Tengah), dan wisata Mangrove pantai kadilangu (paling timur). Pemandangan hijaunya hutan bakau dan indahnya pesisir pantai, menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata satu ini. Tak hanya itu, di tempat wisata ini, disediakan berbagai macam spot-spot foto yang unik dan menarik dengan berlatarkan hutan bakau dan pantai. Diantaranya yaitu ayunan, gazebo, jembatan Api Api, jalan bambu di antara pohon pohon bakau, dan masih banyak lagi. Wisatawan dapat menikmati keindahan di setiap wisata hutan mangrove ini dengan harga tiket masuk yang terjangkau

4. PANTAI BUGEL

Pantai Bugel merupakan pantai yang terkenal dengan pasir besinya. Pantai ini masih asri dan berhiaskan pohon cemara yang tumbuh rindang di sekitar kawasan pantai. Suasana pantai Bugel sangatlah cocok untuk para wisatawan yang mencari ketenangan, kedamaian hati dan melepas penat jiwa. Pantai Bugel juga bisa dijadikan referensi wisata bagi para wisatawan yang ingin menikmati indahnya panorama matahari terbit dan tenggelam.

5. AIR TERJUN KEMBANG SOKA

Air Terjun Kembang Soka

Air terjun Kembang Soka adalah salah satu air terjun  di Kulon Progo yang terkenal karena keindahan warna airnya yang bisa menjadi 2 warna putih dan hijau tosca. Nama kembang soka sendiri dibuat karena memang di sekitar air terjun tersebut banyak sekali pohon kembang soka, dan yang membuat para pengunjung tambah  merasa nyaman dan asri adalah karena pepohonan kembang soka yang rindang.  

Air terjun yang berjarak kurang lebih 17 km dari pusat kota Wates  tersebut terletak di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Air terjun Kembang Soka sendiri memiliki beberapa fasilitas pelengkap untuk para pengunjung seperti toilet, mushola, gazebo, serta warung makan.

Sumber : https://dinpar.kulonprogokab.go.id/

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Lurah

TUPAR

Carik

TRI SULISTIYO, S. Kom

Panata Laksana Sarta Pangripta

RUDIYANTA

Danarta

RR. RETNO PRASTIWININGRUM.. SE

Kamituwa

KARTINI DWI SUSILOWATI

Ulu-Ulu

ROHMAT ARIFIN

Jagabaya

FAJAR SUCIPTA ..SE

Dukuh Janturan

MARYOTO

Dukuh Menggungan

SUPANGAT

Dukuh Soropadan

SUMARDI

Dukuh Garang

PRABOWO

Dukuh Tegal Perang

RIZKA WARID HARDYANTO

Dukuh Kopok Wetan

MUJIMAN

Dukuh Kopok Kidul

SAMBADI

Dukuh Kopok Kulon

HERU PARSETIYO

Dukuh Bujidan

TRIYANA

Dukuh Jombokan

ADI NUR ASTONO

Dukuh Soronanggan

RINI KUSUMA WARTI

Dukuh Siluwok Lor

GREIS HANANTO

Dukuh Siluwok Kidul

SUBARJA

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Kalurahan Tawangsari

Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Di Yogyakarta

Layanan Online

Produk Hukum

Perpustakaan

Kelompok Informasi Masyarakat

Pajak Bumi dan Bangunan

Komentar

wahyu dew

02 Januari 2024 21:50:36

Ingin tau.. ...

Syahrozi

26 Maret 2023 09:08:30

Logo yang benar-benar mengagumkan...

Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini:111
Kemarin:171
Total:132.401
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.131.110.169
Browser:Mozilla 5.0

Transparansi Anggaran

APBDes 2024 Pelaksanaan

Pendapatan

AnggaranRealisasi
Rp 1.341.141.237,00Rp 0,00

Belanja

AnggaranRealisasi
Rp 2.746.623.286,00Rp 0,00

Pembiayaan

AnggaranRealisasi
Rp 520.403.880,00Rp 520.403.880,00

APBDes 2024 Pendapatan

Hasil Usaha Desa

AnggaranRealisasi
Rp 75.000.000,00Rp 0,00

Hasil Aset Desa

AnggaranRealisasi
Rp 58.433.600,00Rp 0,00

Dana Desa

AnggaranRealisasi
Rp 1.060.964.000,00Rp 0,00

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

AnggaranRealisasi
Rp 138.743.637,00Rp 0,00

Bunga Bank

AnggaranRealisasi
Rp 8.000.000,00Rp 0,00

APBDes 2024 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa

AnggaranRealisasi
Rp 1.517.239.994,00Rp 0,00

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa

AnggaranRealisasi
Rp 632.254.430,00Rp 0,00

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan

AnggaranRealisasi
Rp 170.547.025,00Rp 0,00

Bidang Pemberdayaan Masyarakat

AnggaranRealisasi
Rp 307.875.400,00Rp 0,00

Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa

AnggaranRealisasi
Rp 118.706.437,00Rp 0,00

Peta Jalan 3D

 

Jl.Kyai Ronggo

Balai Kalurahan Tawangsari

Lokasi Kantor Kalurahan

Latitude:-7.882501681418011
Longitude:110.12025584745216

Kalurahan Tawangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo - Di Yogyakarta

Buka Peta

Wilayah Kalurahan