You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan Tawangsari

Kap. Pengasih, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

Wiwit Panen Padi MT-2 Desa Tawangsari


Tradisi Wiwit Panen Padi merupakan salah satu upacara adat sebelum melaksanakan panen padi. Upacara ini adalah sebagai wujud rasa syukur bahwasanya masyarakat telah dikaruniai rizki berupa padi yang siap dikonsumsi oleh masyarakat. Di Desa Tawangsari Wiwit Panen Padi untuk Musim Tanam 2 dilaksanakan pada hari Kamis 25 Juli 2019 di bulak sawah Tegal Perang Desa Tawangsari. 

Pada Upacara Adat tersebut dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Kulon Progo, Dinas Kebudayaan Kulon Progo, Dinas PU Kulon Progo, PT. Pegadaian (Persero), Warga Tani Desa Tawangsari dan Kelompok Tani Manunggal Roso Sebagai Penyelenggara. 

Dalam sambutannya Kepala Desa Tawangsari menyampaikan bahwa kualitas padi di Sawah Desa Tawangsari termasuk baik. Dengan menanam varietas Padi Melati Menoreh atau Menor diharapkan dapat menopang kebutuhan padi di Desa Tawangsari. Selain itu R. Sigit Susetya, SE selaku Kepala Desa Tawangsari juga menyampaikan kerja sama Tawangsari dengan beberapa pihak, antara lain Mesin Dryer atau Pengering padi dan Mesing Giling dan Pengemas padi bantuan dari PT. Pegadaian (Persero). Kepala Desa juga menyampaikan terima kasih Kepada Dinas Pertanian dan Pangan serta Dinas PU bidang pengairan yang telah memberikan banyak dukungan untuk fasilitasi pertanian dan irigasi di Desa Tawangsari. 

Selain Kepala Desa, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan juga memberikan beberapa sambutan, diantaranya apresiasi untuk Desa Tawangsari yang telah berkomitmen di Bidang Pertanian, baik dari SDM maupun dari Teknologi Pertaniannya. Diharapkan komitmen ini terus berlangsung dan bersinergi dengan beberapa pihak. 

Bagikan artikel ini: