You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan Tawangsari

Kap. Pengasih, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

Ternyata 3 Kerajinan Unik Ini Bisa ditemukan di Kulon Progo


1. Kerajinan Biola Kayu “Japrak”

Kerajinan Biola Kayu satu-satunya di Yogyakarta ternyata ada di Kulon Progo. Rumah kerajinan biola kayu ini  dimiliki oleh Joko Kuncoro atau akrab disapa Japrak Biola. Rumah produksinya berada di Dusun Jetis, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, yang berjarak 30 km dari Kota Yogyakarta. Biola kayu buatan Japrak dibuat secara manual dan menyesuaikan dengan permintaan konsumen. Harganya bervariasi dari ratusan ribu bahkan bisa sampai jutaan tergantung dari permintaan pembeli. Japrak membuat biola kayu hanya berdasarkan pesanan. Pesanan biola kayu  datang mulai dari warga biasa hingga musisi baik dari dalam maupun luar negeri. Bahkan, biola kayu Japrak telah diekspor ke beberapa negara, seperti  Rusia, Italia, dan Ukraina. Selain biola kayu, Japrak juga memproduksi alat gesek lainnya. Wisatawan yang menyukai biola kayu dan ingin memilikinya bisa datang ke rumah produksi biola kayu di Samigaluh.

2. JK Watch,Jam Kayu Dari Limbah Nuansa Mewah

JK Watch merupakan produk kerjinan berupa jam tangan dengan bahan dasar limbah kayu. Produk ini dibuat oleh Iyos Pramana, pria asal Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Meski berasal dari limbah kayu, kayu yang digunakan adalah kayu yang berkwalitas seperti, Sono Keling, Joar, Jati, dan Mahoni, ditambah jam ini menggunakan mesin Miyota Japan Movement sehingga menjamin jam ini akan awet. Harga jam kayu asli Kulon Progo ini berkisar antara 700 ribu hingga 800 ribu rupiah, produk ini bisa dibeli di Workshop JK Original yang beralamat di Komplek Pasar Seni dan Kerajinan Sentolo, Jl. Wates km. 14,5, Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta atau secara online di situs jkoroginal.com .

3. BATIK LENDAH KULON PROGO

Kabupaten Kulon Progo mempunyai sentra kerajinan batik yang berada di Kecamatan Lendah,aneka macam batik ada di daerah ini dari batik cap,kombinasi cap dan tulis serta batik tulis. Ada satu motif batik yang merupakan ciri khas di Kabupaten Kulon Progo yaitu motif batik “Gebleg Renteng.”Apabila anda berkunjung ke Lendah sudah ada banyak pilihan di sana dengan mengikuti papan nama dan petunjuk yang ada di pinggir jalan raya.

SUMBER : https://dinpar.kulonprogokab.go.id

Bagikan artikel ini: