You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan Tawangsari

Kap. Pengasih, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

Keraton Yogyakarta Akan Gelar Pameran Sekaten 2019


Setiap tahun, Keraton Yogyakarta menggelar Hajad Dalem Sekaten pada tanggal 6 hingga 12 Mulud berdasarkan Kalender Jawa Sultan Agungan.

Hajad Dalem Sekaten dibuka dengan prosesi Miyos Gangsa dan ditutup dengan prosesi Kondur Gangsa. Pagi hari berikutnya, yang merupakan tanggal lahir Nabi Muhammad SAW dalam Tahun Jawa, diperingati dengan Hajad Dalem Garebeg Mulud. Tahun ini, Miyos Gangsa. Kondur Gangsa dan Garebeg Mulud akan dilaksanakan pada tanggal 1, 9, dan 10 November 2019. Bersamaan dengan pelaksanaan Hajad Dalem Sekaten kali ini, keraton akan menggelar pameran budaya yang bertujuan untuk semakin menguatkan akar tradisi.

Pameran Sekaten akan berlangsung pada tanggal 1 – 9 November 2019 di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran dan Kagungan Dalem Kompleks Sitihinggil Keraton Yogyakarta. Tema besar yang diangkat dalam pameran tersebut berkaitan dengan “Sri Sultan Hamengku Buwono I”. Oleh karena itu, koleksi yang akan dipamerkan dan muatan acara pameran akan memiliki sangkut paut dengan pendiri Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut.

Secara khusus, pameran akan menampilkan berbagai catatan sejarah dan karya Sultan pertama dari Keraton Yogyakarta. Berdasarkan hal tersebut, dirumuskan topik pameran sebagai berikut:

  1. Biografi Sri Sultan Hamengku Buwono I
  2. Peran Sri Sultan Hamengku Buwono dalam Sejarah
  3. Karya Sri Sultan Hamengku Buwono I
  4. Obyek terkait Sri Sultan Hamengku Buwono I
  5. Anugerah pahlawan kepada Sri Sultan Hamengku Buwono I

Terdapat pula agenda pendukung yang diselenggarakan pada saat pameran, antara lain:

  1. Tur kuratorial, yang merupakan ulasan ahli terhadap koleksi yang dipamerkan dan dikemas dalam kegiatan diskusi terbuka.
  2. Pelatihan Seni, yang merupakan wahana interaktif bagi masyarakat saat berkunjung ke pameran
  3. Lomba Karawitan, diikuti oleh kelompok karawitan tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama se-DIY
  4. Pertunjukan dan Perlombaan Seni, yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang bagi komunitas, sanggar, ataupun institusi seni utuk dapat tampil mengisi acara setiap hari di Bangsal Pagelaran.
  5. Diskusi Film Budaya, yakni ruang diskusi terbuka bagi masyarakat umum terhadap film maupun dokumentasi budaya koleksi Keraton Yogyakarta maupun koleksi instansi lain.

Pameran akan dibuka untuk umum dengan jam kunjung pkl 09.00-21.00 (*tbc) WIB. Tiket masuk ke pameran dapat diperoleh di loket pembelian yang berada di sebelah barat Bangsal Pagelaran (besaran menyusul).

Bagikan artikel ini: