Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Tawangsari         "Dari Desa Membangun Indonesia"

 

Ternyata 3 Kerajinan Unik Ini Bisa ditemukan di Kulon Progo

Administrator 26 Agustus 2019 10:16:55 Berita Lokal

1. Kerajinan Biola Kayu “Japrak”

Kerajinan Biola Kayu satu-satunya di Yogyakarta ternyata ada di Kulon Progo. Rumah kerajinan biola kayu ini  dimiliki oleh Joko Kuncoro atau akrab disapa Japrak Biola. Rumah produksinya berada di Dusun Jetis, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, yang berjarak 30 km dari Kota Yogyakarta. Biola kayu buatan Japrak dibuat secara manual dan menyesuaikan dengan permintaan konsumen. Harganya bervariasi dari ratusan ribu bahkan bisa sampai jutaan tergantung dari permintaan pembeli. Japrak membuat biola kayu hanya berdasarkan pesanan. Pesanan biola kayu  datang mulai dari warga biasa hingga musisi baik dari dalam maupun luar negeri. Bahkan, biola kayu Japrak telah diekspor ke beberapa negara, seperti  Rusia, Italia, dan Ukraina. Selain biola kayu, Japrak juga memproduksi alat gesek lainnya. Wisatawan yang menyukai biola kayu dan ingin memilikinya bisa datang ke rumah produksi biola kayu di Samigaluh.

2. JK Watch,Jam Kayu Dari Limbah Nuansa Mewah

JK Watch merupakan produk kerjinan berupa jam tangan dengan bahan dasar limbah kayu. Produk ini dibuat oleh Iyos Pramana, pria asal Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Meski berasal dari limbah kayu, kayu yang digunakan adalah kayu yang berkwalitas seperti, Sono Keling, Joar, Jati, dan Mahoni, ditambah jam ini menggunakan mesin Miyota Japan Movement sehingga menjamin jam ini akan awet. Harga jam kayu asli Kulon Progo ini berkisar antara 700 ribu hingga 800 ribu rupiah, produk ini bisa dibeli di Workshop JK Original yang beralamat di Komplek Pasar Seni dan Kerajinan Sentolo, Jl. Wates km. 14,5, Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta atau secara online di situs jkoroginal.com .

3. BATIK LENDAH KULON PROGO

Kabupaten Kulon Progo mempunyai sentra kerajinan batik yang berada di Kecamatan Lendah,aneka macam batik ada di daerah ini dari batik cap,kombinasi cap dan tulis serta batik tulis. Ada satu motif batik yang merupakan ciri khas di Kabupaten Kulon Progo yaitu motif batik “Gebleg Renteng.”Apabila anda berkunjung ke Lendah sudah ada banyak pilihan di sana dengan mengikuti papan nama dan petunjuk yang ada di pinggir jalan raya.

SUMBER : https://dinpar.kulonprogokab.go.id

Komentar atas Ternyata 3 Kerajinan Unik Ini Bisa ditemukan di Kulon Progo

Supru 26 Agustus 2019 10:31:02
Maju kulon progo

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Kalurahan

Carik Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Jogobyo Kamituwa Lurah Ulu-Ulu Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Staff Desa Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh Dukuh

Konsep JKN BPJS

Wilayah Kalurahan

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTubeInstagram

Anggaran Desa 2020

Bersih Desa Tawangsari

Berita Lainnya

Link Terkait

Kecamatan Pengasih
Dinas PMD Dalduk dan KB Kulon Progo
Dinas Kominfo
Dukcapil Kulon Progo

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung